21 November 2015

Amalan Hangus Gara-Gara Status

Sering banget akhir akhir ini gak sengaja gw baca status yg isinya:
"Alhamdulillah puasa hari pertama lancar, seneng banget"
"OTW masjid, shalat maghrib"
"OTW masjid, shalat jumat biar ganteng!"
"Alhamdulillah selesai ngaji Yasin nya"
"Semoga puasaku lancar sampai beduk maghrib nanti"
"Rasanya tenang banget abis sujud disepertiga malam"

Jangan gitulah vrooh, simpan aja segala amal ibadah lo, jadiin privasi, gak perlu 
dipublikasikan! Orang lain gak perlu tau, cukuplah Allah yg tau.
Gw gak habis pikir apa maksudnya, biar keliatan alim? biar keliatan rajin ibadah? biar dipuji? dihormati?

Ahhh buat apasih kayak gitu, itu namanya RIYA!

Gw bukannya sok suci dan gw juga gak MUNAFIK, setiap manusia itu gak luput dari DOSA dan kesalahan. Tapi gak ada salahnya kita selalu memperbaiki diri supaya jadi lebih baik dan saling mengingatkan.
Mengingatkan itu beda dengan memamerkan, Sia sia aja amalan lo kalo akhirnya lo publikasikan. Gunakan media sosial dengan sebaikmungkin. Untuk urusan ibadah, biarlah Allah yg tau. Untuk urusan yg lain, terserah deh mau status alay.. sedih.. galau.. dll

Gw sih liatnya cuma mesem-mesem aja, TwitWar, StatusWar mah kayaknya udah biasa sih. Nah kalau ditanya gw termasuk golongan yang mana, golongan-yang-hobi-pasang-status-ibadah-islami atau golongan-yang-ibadah-itu-harus-tersembunyi?

Hahaha, gw sih pengennya termasuk golongan yang beriman. Cuma ga tau deh, yang tau beriman atau engga kan cuma Allah. Tapi kalau disuruh memilih gw termasuk 2 golongan yg gue tulis diatas sih. Gw memilih untuk netral!

Yah selama mereka updatenya engga numpang pake handphone gw sih ga apa-apa. Masalahnya gw lagi pelit kuota nih, tau sendiri kan paket internet sekarang rata-rata pada naik, tapi penghasilan gw ga naik-naik, jadi gw mesti irit-irit makenya (wkwkwk sedih banget).

Justru gue malah sebel sama orang yang bikin status kelewat panjang di Path. Beneran deh. Kalau mau bikin tulisan yg panjang nan lebar mending bikin blog aja sekalian, dan harusnya path itu ada minimum karakternya jadi orang ga membabi buta kalau curhat. Ngabisin tempat ajah!

Gw jadi inget dulu gw pernah denger ceramah tapi gue lupa ustadnya yg mana, intinya selama niatnya murni untuk mengajak sih ga apa-apa. Tapi kalau niatnya untuk pamer atau riya itu yg ga boleh.

Tapi masalahnya bisa ga sih kita jaga hati jaga niat?
Lha wong sekarang baru bisa beli iPhone aja di update dimana-mana. Atau yang paling menyebalkan cuma sekedar makan roti sama air aqua aja udah bertengger fotonya di path atau instagram. *gue udah ga paham lagi.*

Dan untuk masalah status-status share ibadah, mungkin kalau bahasanya diganti jadi lebih enak dibaca, kayak misalnya.

"Yuk solat dhuha temen-temen biar memperlancar rezeki."
"Jangan lupa sedekah, biar berkah vrooh"
"Ayo vrooh shalat, kiamat udah deket"

Gw sih lebih prefer kalau ada yang nulis kayak begitu. Lebih nyaman dibaca dan lebih seperti mengajak.
Lagian masalah niat dan amalan itu adalah hak preogratif Allah untuk menilai, hangus atau engga, riya atau engga manusia mah ga ada yg tau. yg penting mah kita berusaha aja beramal sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya, biar hasilnya Allah aja yang nentuin.

Tapi, ini sih sebagai renungan buat gw yah, kalau aib dan keburukan gw aja gw sembunyi'in mati-matian, lalu kenapa ibadah gw harus gw sebar mati-matian? 

Gw ngerasa kalau gw nulis tentang ibadah-ibadah gw, berarti gw juga harus siap untuk menulis aib apa aja yg gw lakuin. Biar seimbang gitu. Tapi gw ga mau, karna gw sadar selama ini gw masih dihargai orang lain karena salah satunya adalah Allah masih berbaik hati nutup aib g. Lagian siapa sih orang yg ga punya dosa? Siapa orang yang ga pernah khilaf dan bikin salah? There is no innocence person in the world, everyone has sinned. NO BODY PERFECT!
Bukankah kita juga suka denger kalau "Tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlu tahu."

"Jangankan kamu menghilangkan pahala sedekahmu dengan menyebut nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang yg menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia, dan dia tidak beriman kepaa Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yg diatasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu ia bersih (tidak bertanah), mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yg mereka usahakan" (QS Al-Baqarah : 264).

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An Nisaa’:142).

Sayang banget kan cuma garagara sebuah status amalan kita jadi hilang sia sia. Udah cape cape ibadah, cape cape ngaji, cape cape sholat tapi GAK dapet pahala gara gara RIYA?
Duuuuhh naudzubillahi min dzalik.

Anyway, kalau ada yang ga setuju sama apa yg gw tulis sah-sah aja. Gw minta maaf ya kalo ada yg tersinggung atau merasa tersakiti gara-gara tulisan diatas. Gak ada maksud untuk merubah sesuatu atau memaksakan sesuatu, hanya sekedar mengingatkan saja. Oke tenks vrooh udah sempatin baca, semoga bermanfaat!

Sumber: Dari berbagai sumber

Cara Dapetin Cewek di Facebook - Facebook seperti kita tau adalah media jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, banyaknya aktifit...